HomePolsekBanjarKanit Binmas Polsek Banjar Lakukan Monitoring Kondisi Kesehatan Ternak Warga

Kanit Binmas Polsek Banjar Lakukan Monitoring Kondisi Kesehatan Ternak Warga

Polda Bali – Polres Buleleng, Kanit Binmas Polsek Banjar Iptu I Ketut Arnawa melaksanakan pengawasan dan monitoring usaha ternak Babi milik Ketut Anggreni di Banjar Dinas Tangeb Desa Banjar Tegaha Kecamatan Banjar, Rabu (3/8/22)

Pengawasan dan Monitoring terhadap kondisi kesehatan ternak dilakukan dalam rangka Penanggulangan dan pengendalian Penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak,” ucap Aiptu Ketut Arnawa saat ditemui disela-sela kegiatannya.

Dalam kegiatannya, warga yang memelihara 6 ekor Babi yang semua dalam keadaan sehat tersebut dihimbau agar selalu menjaga kebersihan kandang, memperhatikan pakan dan kondisi kesehatan ternaknya, melakukan menyemprotan disinfectan berkoordinasi dengan Petugas Penyuluh Pertanian.

Warga juga dihimbau agar segera melaporkan kepada PPL/dokter hewan atau Satgas PMK Desa apabila ada ternak yang bergejala sakit agar segera mendapatkan penanganan.

Sementara itu Ketut Anggreni selaku peternak menyampaikan bahwa dirinya memelihara Babi hanya untuk dipotong atau diolah menjadi babi guling unuk dijual kepada masyarakat yang memerlukan.

“Kami membeli babi yang sudah agak besar kemudian di tampung sementara dikandang sambil menunggu pesanan untuk diguling, dan selama ini Babi yang kami semuanya pilihan hanya yang sehat-sehat saja,” ucapnya.

Ia juga memberikan apresiasi terhadap apa yang disampaikan oleh Kanit Binmas Polsek Banjar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polsek Banjar yang telah memberikan penyuluhan yang tentunya sangat bermanfaat untuk kami,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

spot_img